Blogging

Blogging

    Sekarang setiap orang bisa membuat blog. Mengisi blog sendiri adalah satu kesempatan emas untuk berlatih meningkatkan keterampilan menulis dengan rapi sesuai kaidah tata bahasa. Di blog, Kita juga bisa mengembangkan kemampuan menyampaikan pendapat kita dalam tulisan yang elegan dan menarik.
    Belakangan ini saya sering menghabiskan waktu untuk mengamati komentar yang ditulis para netter, baik di blog maupun di situs berita seperti detik.com. Saya ingin tahu, Seberapa jauh internet telah membantu kita mengembangkan keterampilan yang dulu tidak diberikan di sekolah. Ternyata banyak juga komentar yang bermutu, yang disusun berdasarkan pemikiran yang runut. Namun lebih banyak lagi komentar yang mencerminkan betapa penulisnya sebenarnya ingin tampil dan urun pendapat, tetapi tidak punya kemampuan untuk menulis.
     Di salah satu milis alumni yang saya ikuti, anggota yang mampu menulis sangatlah terbatas jumlahnya. Akibatnya yang mengisi hanyalah orang-orang yang sama. Padahal milis juga memberikan kesempatan bagi semua anggota untuk menulis.
      Ada yang mengatakan bahwa keterampilan menulis dengan jelas adalah salah satu keterampilan terpenting di era informasi dan pengetahuan ini. Saya sangat setuju dengan pendapat ini.
      Berkembangnya blog dan situs social networking menawarkan kesempatan sangat luas bagi siapa saja untuk mengembangkan kemampuan mereka menulis. Sayang sekali Kalau kesempatan ini tidak digunakan untuk memperkuat keunggulan kompetitif kita dalam menggunakan bahasa, baik dalam menulis artikel, berkomunikasi dengan email, berkomunikasi dengan email, atau hal-hal lain yang menggunakan bahasa.

Posting Komentar

0 Komentar